Jumat, 08 Juni 2018

Administrator VS Manajer, Apa Bedanya ?

Membaca uraian tugas dan butir kegiatan jabatan fungsional Administrator Kesehatan dapat disimpulkan bahwa sebagian besar tugasnya berkaitan dengan penyusunan kebijakan dalam suatu organsasi.  Dapat di simpulkan bahwa kebanyakan butir kerja admistrator kesehatan banyak bersinggungan dengan tugas dari fungsi manejer pejabat eselon di Dinas Kesehatan.

Untuk itu, perlu dicari literasi perbedaan antara admistrator dengan manajer (pejabat eselon). Berikut adalah beberapa perbedaaan yang di kumpulkan penulis dari beberapa sumber digital.

Manajer dan administrator adalah dua tokoh kunci dalam organisasi menengah dan besar. Dalam bisnis kecil, peran dan tugas mereka sering tumpang tindih - dan bahkan dapat diambil pada satu individu. Namun, bisnis yang lebih besar membutuhkan perbedaan yang lebih tajam di antara peran yang berbeda untuk memaksimalkan efisiensi dan produktivitas.
Secara umum, administrator bertanggung jawab untuk menetapkan dan mengembangkan kebijakan dan tujuan utama perusahaan - sesuai dengan peraturan nasional dan internasional -
Sedangkan manajer bertanggung jawab atas implementasi pragmatis kebijakan tersebut. Kedua bidang tersebut bertujuan untuk mempromosikan citra organisasi dan untuk meningkatkan produktivitas. 
Administrator memiliki otoritas yang lebih tinggi dan pekerjaannya terkait dengan aspek hukum dan keuangan perusahaan sedangkan manajer bertanggung jawab untuk merekrut dan melatih karyawan baru, dan untuk memastikan kelancaran pengiriman semua kegiatan operasional. (http://www.differencebetween.net/business/difference-between-manager-and-administrator, diakses : 8 Juni 2018 08:35)
Dari tinjauan umum diatas dapat disimpulkan bahwa peran admistrator lebih kearah penuyusunan konsep dan strategi untuk mencapai visi dan misi organsasi sedangkan fungsi manajer lebih ke arah implementasi dari strategi untuk pencapaian visi dan misi organisasi.

A manager is somebody who has a level of control and responsibility in a company or organization. For example, in a small clothing store, the salespeople would be responsible for selling and helping customers… and the manager would be responsible for making the salespeople’s schedule, organizing the store’s finances, training new salespeople, and resolving any problems among the employees.
An administrator is simply a person who does administrative work (working with documents, paperwork, information and data, etc.) An administrator can also be a manager or boss if he or she is the leader of a team of employees… or an administrator can simply be a regular employee.  (https://www.espressoenglish.net/difference-between-administrator-boss-and-manager/ diakses 8 Juni 2018 08:39)
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa manejer bertugas untuk menjalankan operasional organsasi sedangkan administrator lebih kearah tugas yang berkaitan dengan kertas kerja, data informasi.




0 comments:

Posting Komentar